Kamis, 06 November 2014

MTs Negeri Paiton

PROFIL - MTs Negeri Paiton adalah salah satu sekolah di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur yang di proyeksikan menjadi sekolah unggulan. Hal ini tidak terlepas dari prestasi yang bagus dengan nilai akreditasi dari badan Akreditasi Nasional 96 (A).  Fasilitas yang lengkap dan tenaga pendidikan serta kependidikan yang kapabel dengan visi misinya unggul dan visionar.

PRESTASI - Telah banyak prestasi akdemik yang dicapai oleh segenap civitas akademika MTsN Paiton. Tidak hanya siswanya saja bahkan guru dan kepala madrasah. Diantaranya Juara Umum KSM (Kompetisi Sain Madrasah) tingkat kabupaten probolinggo, Juara Animasi Media Pembelajaran dengan program Macromedia Flash se Kab Probolinggo, Juara Umum HUT Kemerdekaan RI Ke-68 se Kec Paiton, Nilai Ujian Akhir Nasional Tertinggi Se Kab Probolinggo thn Ajaran 2012/2013 dan Juara II Tingkat Provinsi untuk kepala Sekolah Berprestasi Provinsi Jatim yang diraih oleh Bapak Dr. H. Sugiyo, M.Pd selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Paiton.

Mengapa Harus Ke MTsN Paiton..?? Pada saat ini banyak orang tua/wali murid yang kebingungan untuk memilih sekolah yang cocok untu putra-putrinya. Mayoritas orang tua menginginkan untuk putranya pendidikan yang menjamin. 1) Keamanan dari pergaulan yang sudah sangat bebas. 2) Mendapat dasar agama yang kuat. 3). Memilih kemampuan akedemik yang bagus.
Solusi........
MTs Negeri Paiton adalah sekolah Negeri Trakreditasi A, pioner penerapan kurikulum 2013 yang siap menjawab tantangan orang tua/wali murid.

1. Pembentukan Karakter/Akhlak
MTsN Paiton membentuk karakter siswa berakhlakul karimah dengan kegiatan Sholat Dhuha bersama, Sholat Dhuhur berjama'ah, mengaji, pendidikan Aqidah Aqhlak, dan pendidikan terpadu dengan pondok pesantren bagi siswa yang nyantri di pesantren Nurul Jadid dan pensantren sekitar MTsN Paiton.

2. Pembentukan siswa berprestasi akademik
Untuk memberikan pelayanan yang optimal agar mencapai prestasi yang maksimal MTsN Paiton memberikan layanan pendidikan : Kelas Unggulan, Kelas IT, Kelas Reguler.

3. Pembentukan pribadi yang trampil dan mandiri
Dalam rangka pembentukan siswa yang kratif dan mandiri MTsN Paiton menyediakan beraneka ragam kegiatan ekstra yang meliputi bidang : keagamaan, keterampilan, seni dan olahraga.

KELAS IT - MTs Negeri Paiton dibawah bimbingan IPMOMI dan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Nurul Jadid membuka kelas IT. Kelas IT adalah kelas yang disediakan untuk anak - anak yang diproyeksikan mumpuni dalam bidang pelajaran, bahasa inggris dan teknologi. Kelas IT adalah kelas Full Day yang di desain khusus untuk keunggulan dalam bidang teknologi. Semua pelajaran umum akan diajarkan dengan media komputer dan internet untuk mendapatkan meteri pengembangan teknologi. Fasilitas kelas IT : Kelas Ber AC, Jaringan Hot Spot, LCD Proyector dan Materi BSE.

Kurikulum Kelas IT - Kurikulum Nasional Diknas, Kurikulum Nasional Kemenag, Kurikulum Pengembangan Teknologi, Jaringan dan Internet, Desain Blog, MS Word, Excel, Powerpoint, Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Flash, Broad Casting dan Audio Video Editing.

Syarat Masuk Kelas IT - Mendaftarkan diri pada Kelas IT, memiliki Laptop atau Netbook. Bagi yang belum bisa mengoprasikan komputer akan didik dalam matrikulasi atau kursus pemula.

Kelas Unggulan - Kelas Unggulan adalah kelompok belajar yang memberikan pelayanan khusus bagi anak yang memiliki tingkat kecerdasan kognitif yang tinggi khususnya pada pelajaran : Matematika, IPA dan Bahasa Inggris, anak ber IQ tinggi dipilih atau diseleksi dari siswa yang ada, unggul pada bidang UN dan Olimpiade. Jumlah siswa Maximal 20 Siswa, Kelas Full Day, KBM menggunakan perangkat Teknologi, LCD Hot Spot dan BSE.

Kelas Unggulan - Kelas Reguler adalah selain kelas IT dan Kelas Unggulan. Kelas ini tetap mendapatkan pelayanan yang sama hanya saja yang membedakan adalah waktu belajarnya. Kelas Reguler masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 13.00 WIB. Kelas Reguler mendapatkan pendalaman dalam kegiatan ekstra kurikuler yang di laksanakan setelah jam pulang sekolah.

Ekstakurikuler :
1. Bahara Arab
2. Bahasa Inggris
3. Drum Band
4. Pramuka
5. PMR
6. Bola Volly
7. Tenis Meja
8. Basket
9. Komputer Animasi
10. Group Band
11. Sekolah Adiwiyata
12. Kaligrafi
13. Menjahit
14. Catur
15. Hadrah
16. Futsal

Fasilitas :
1. Lab. IPA
2. Lab. Hidup Biologi
3. Lab. Komputer
4. Lab. Multimedia
5. Lab. Bahasa
6. Kelas Ber LCD Projector
7. Perpustakaan
8. Musholla
9. Koperasi
10. Lapangan Olah Raga (Basket, Volly, Atletik dan Sepak Bola )

Syarat Pendaftaran :
1. Mengisi  Formulir Pendaftaran Gratis
2. Menyerahkan foto Hitam Putih Ukuran 3x4
    (5 Lembar )
3. Menyerahkan Foto Copy Ijazah dan SKHUN
    (masing - masing 3 lembar ) atau jika belum ada
    bisa menyusul.

Tempat Pendaftaran :
MTs Negeri Paiton dan MTsN di PP Nurul Jadid

VIDEO PUBLIKASI


Rabu, 05 November 2014

Akhirnya K1 MTsN Paiton Jadi PNS

Probolinggo - Hari ini Rabu 05/11/2014 merupakan hari sibuk dan hari bahagia buat teman - teman saya khususnya yang masuk Katagori Satu (K1). Setelah hampir mengabdi selama kurang lebih sepuluh tahun akhirnya mereka sebentar lagi jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saya sebagai teman turut senang dan bahagia karena teman - teman saya bakal di gaji oleh negara yang lumayan besar dan dapat fasilitas yang memuaskan. Do'a saya semoga Pak Ali, Pak Dhofir, Pak Sam, Pak Fathul, Pak Halim, Bu Sub dan Bu halim tetap rendah hati dan mau bekerja sekuat tenaka membangun MTsN Paiton seperti halnya mereka masih sebagai Guru Tidak Tetap (GTT). Saya senang bisa kenal mereka, banyak pelajaran yang saya bisa ambil dari mereka. Teman - teman K1 semuanya baik hati dan lebih dewasa ketimbang teman - teman yang masuk K2. Pokoknya K1 memang The Best............

Bay the way apa sich enaknya jadi PNS..?? menurut kalian enak gak sob ? kalau menurut saya relatif, dibilang enak mungkin karena dapat gaji besar, tunjangan, dan pengsiunan. Tapi ada juga tidak enaknya karena PNS itu di gaji oleh negara dan negara memiliki undang - undang yang mengharuskan prefisional kerja diatas apapun. Jadi kalau ada PNS yang kerjanya cuma asal masuk saja dan tidak memberikan banyak manfaat bagi negari Indonesia berarti meraka sama halnya memakan uang rakyat yang tidak ada manfaatnya. Tapi do'a saya semoga teman - teman PNS yang ada di MTsN Paiton menjalankan tugasnya sesuai dengan undang - undang PNS dan tidak ada yang memakan gaji cuma - cuma.

Tulisan ini saya buat khusus buat K1 yang merupakan teman - teman yang sangat spesial tidak ada duanya. Khusus buat pak dhofir semoga setelah SK-nya turun langsung dapat jodoh dan cepet merid entar kalau lama - lama tak saleb lho!! HE HE... Untuk pak ali semoga cita - citanya menjadi gaya poool cepat terkabul..........

Sabtu, 25 Oktober 2014

Melawan Rasa Kurang Percaya Diri

Paiton - Percaya diri berbicara didepan orang banyak merupakan hal yang sangat berat bagiku. Hampir disetiap kesempatan berbicara di depan orang banyak saya selalu tidak percaya diri seakan - akan tubuh dan bibir saya tidak kuat lagi untuk mengeluarkan kata - kata. Penyakit ini saya rasakan mulai saya lahir sampai sekarang tidak pernah sembuh - sembuh dan hampir putus asa untuk percaya diri tampil di hadapaan banyak orang. Hingga suatu hari saya berfikir kalau saya begini terus kapan mau maju. Akhirnya pun saya memutuskan untuk belajar percaya diri mulai dari brosing di internet sampai mencari buku cara berpidato yang benar. Setelah cari sana cari sini saya pun menemukan trik bagaimana menumbuhkan percaya diri dihadapan orang banyak. Saya pelajari dan saya pahami hasil dari mencari di internet dan buku mulai dari web satu ke yang lain buku A kebuku Z semua saya baca, saya pahami dan yang terakhir saya praktekan. Untuk praktek saya memilih tempat dimana orang tidak dengar yaitu di kamar dan di toilet. Hampir di sudut kamar saya penuh dengan tulisan - tulisan pidato mulai dari pidato formal sampai non formal. Kalau di toilet saya lebih sering mempraktekannya sebelum mandi, sikat gigi sebagai micropon, subun dkk sebagai audian. Jadi kalau saya mandi sering banget ibu saya marah gara - gara saya kalau mandi sangat lama. Sampai - sampai kadang ibu saya bilang "kamu ini laki apa anak prawan mandinya lama baget" saya pun menjawab dengan tertawa saja. Kegiatan ini hampir satu bulan saya lakukan berulang - ulang kali.
Akhirnya percaya diri itu sedikit demi sedikit tumbuh didalam diri saya. Dan pada suatu saat apa yang saya lakukan benar - benar bermanfaat pada diri saya yaitu ketika di tempat kerja saya ada rapat, dengan begitu percaya diri saya mengacungkan jari tangan saya untuk bertanya pada unsur pimpinan rapat, hal itu benar - benar di luar kendali saya, hampir tidak percaya apa yang saya lakukan pada saat itu. Begitu senangnya saya akhirnya apa yang saya lakukan benar - benar bermanfaat bagi diri saya sendiri dan saya sangat berterima kasih kepada Allah SWT. karena telah memberikan jalan kepada saya bagaimana mengalahkan tidak percaya diri sendiri. Setelah kejadian itu saya sangat bersemangat ketika di adakan rapat di tempat kerja saya sampai sekarang.
Namun di suatu malam ketika saya tidur saya tidak sengaja mimpi tampil dihadapan orang banyak, waktu itu saya sebagai nara sumber tepatnya nara sumber apa saya lupa. Saya pun kebangun dan langsung berdo'a kepada Allah SWT. untuk diberi kesempatan tampil di hadapan orang banyak baik dimanapun tempatnya.
Pada tanggal 29 september 2014 saya disuruh pak kepala untuk berangkan bersama beliu, kurikulum dan salah satu wali kelas ke malang untuk menghadiri workshop pembagian raport kurikulum 2013 saya pun sangat kaget karna biasanya ini adalah tugas teman saya pak dhafir. Akhirnya pun saya bertanya kepada bapak kurikulum pak chusnul yakin "kenapa saya pak yang di ajak ini kan tugasnya pak dhafir" tanya saya, pak chusnul pun menjawab "kata pak saifurrahman (kepala TU) kamu saja pak idam karna lebih enak", saya pun menjawab "owh!!".
Kami pun dapat aplikasi raport k-2013 dan pelatihan tata cara pengisian. Acaranya berjalan sampai pukul 16:00 WIB. setelah selesai kami langsung pulang. Tapi ada hal yang tak terduga yang dikatakan bapak kepala beliu mengatakan "pak idam besok sampean yang jadi pembicara dihadapan 41 sekolah KKM MTs Negeri Paiton" dengan nada seperti pelajurit saya pun menjawab "siap pak". Seketika langsung saya berfikir ya Allah cobaan apa yang Engkau berikan. Didalam hati saya berkata - kata mati ini apa yang harus saya lakukan. Namun saya sejenak berfikir lebih ke positif apa mungkin ini do'a saya kapan hari itu, kalau memang ini adalah salah satu do'a saya kuatkan lah saya ya Allah.
Setelah sampai dirumah saya pun tidak bisa tidur saya berfikir apa yang harus saya katakan di hadapan 41 sekolah. Hampir pukul 03:00 saya masih belum bisa tidur akhirnya saya memutuskan untuk berdo'a kepada Allah do'a saya "ya Allah jikalau ini awal dari keberhasilan saya berilah hambamu ini kekuatan, amiiii!!!" saya pun bergegas menutup mata.
Kamis 09 oktober 2014 ini lah hari sejarah dimana saya harus tampil dihadapan 41 sekolah yang mayoritas tidak ada yang saya kenal satu pun. Saya pun menenangkan diri saya dengan banyak - banyak membaca bismillah sebelum saya mulai menyampaikan tata cara pengisian raport k-13. Jantung ini pun seakan mau copot ketika moderator menyodorkan micropon ke hadapan saya. Dengan percara diri saya kumpulkan semua untuk mengucapkan Assalamu'alaikum wr. wb. Setelah para audian membalas salam saya, kurang pedean itu pun sedikit berkurang. Setelah itu saya jelaskan apa saya yang saya dapat ketika mengikuti workshop raport k-13. Setelah hampir kurang lebih tiga jam saya menerangkan akhirnya selesai juga. Saya begitu lega dan akhirnya bisa tersenyum lebar, dan saya berdo'a dalam hati terima kasih ya Allah pengalaman ini tidak akan saya lupakan seumur hidup.

Cerita ini saya buat untuk teman - teman yang mungkin sekarang merasakan yang pernah saya rakasan dahulu. Semoga cerita ini dapat memberikan motivasi kapada teman - teman untuk bangkit dari tidak percara diri sendiri. Inti dari cerita ini adalah jangan lah menyerah sebelum mencoba, Allah akan memberikan jalan ketika kamu mau berusaha. Saya sebagai penulis mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Kalau ingin lebih tahu banyak cerita tentang saja monggo di baca semuanya artikel - artikel saya....
Berikut ini adalah foto ketika saya tampil dihadapan kepala sekolah, kurikulum, wali kelas dari perwakilan 41 sekolah. Tapi fotonya sedikit tidak jelas maklum yang foto waktu itu siswa kelas VIII MTs negeri paiton. SILAHKAN KLIK TOMBOL DOWNLOAD DIBAWAH INI.
http://www.4shared.com/rar/1dWuuRnOba/MDC.html

Senin, 04 Agustus 2014

Liburan Ke Pantai Balaikambang Malang

Balaikambang Malang - 02 Agustus 2014 tepatnya pada hari sabtu setelah satu minggu hari Raya Idul Fitri saya dan teman - teman memutuskan untuk liburan ke pantai balaikambang malang. Hari itu adalah hari yang sangat membahagiakan kami karena itu pertama kali kita mengijakkan kaki di pantai tersebut. Begitu indahnya panorama yang disuguhkan pantai balaikambang sehingga kami begitu terkesima melihatnya mulai dari sisi kiri sampai sisi kanan kami telusuri semuanya. Pantai balaikambang bahkan menurut teman saya yang sudah pernah ke bali tidak kalah dengan pantai - pantai yang ada di bali. Saya pun juga gak yangka kalau di malang juga ada pantai seindah itu. Banyak wisatawan yang datang kesana mulai dari wisatawan lokal sampai wisatawan mancanegara. Penduduk lokal sana juga ramah - ramah, tidak seperti halnya di tempat - tempat wisata lainnya yang menjual barang atau menjajakan makanan dengan harga selangit. Disana cukup sesuai dengan kantong - kantong kita yang mayoritas punya penyakit KANKER ( kantong kering ). Namun saya dan teman - teman tidak hanya di pantai balaikambang kita juga ke Masjid Tuben Tiran Malang dan Alun - Alun kota Malang. Berikut ini sedikit foto - foto yang kami ambil waktu wisata di kota malang.
























Kamis, 10 Juli 2014

Tuturial atau Cara Membuat DP di BBM bergerak

Photoshop - Membuat animasi dasar sebenernya udah pernah dibuat tutorialnya di di blog teman saya di ilmuphotoshop.com. Tutorial animasi merubah bentuk dan membuat animasi dasar.

Sekarang kita coba buat animasi foto kita sendiri jadi bisa kedip atau bisa melet untuk profile picture Blackberry kita atau kalo enggak buat avatar di forum.
Buka foto kita yang mau diedit

 duplikat layer background dengan menekan ctrl + J
Buka foto orang lagi merem .. (silahkan cari di google ) atau pake gambar ini aja buat latian.

Klik untuk memperbesar
Seleksi bagian sekitar mata nya saja (karena kita mau pinjam mata merem nya).. lalu drag ke foto kita.
Sesuaikan Ukuran dan letaknya, untuk memperbesar dan memperkecil harus sambil menekan tombol SHIFT supaya gambar tetep dalam keadaan simetris (enggak gepeng)
Baiknya opacity mata hasil copy dikurangin jadi 50% biar ngepasin nya gampang
Hapus bagian sekitar mata yang kira-kira enggak matching menggunakan eraser tool (soft round)
Sekarang sesuaikan warna mata hasil copy-an dengan foto kita.
Klik Image > Adjustment > COlor Balance
Sekarang kita gelap atau terangin
Klik Image > Adjustment > Brightness & Contrass
Sekarang layer Mata yang merem digabungkan dengan layer 1 .. cara nya : pindahkan cursor ke layer mata, tekan CTRL + E
Blackberry hanya menerima animation image yang ukurannya kurang dari 32 kb dan bentuknya bujur sangkar (semua sisi sama panjang).
jadi kita harus crop foto nya menjadi 200×200 px dengan resolusi 72 dpi.
Kita tampilkan windows Animation , klik windows > animation
klik animation menu (pojok kanan atas di windows animation) > pilih make frames from layer
Sekarang foto udah masuk ke animation windows
Sekarang edit timing nya
Silahkan pijit tombol play untuk nge-test.
Kalo udah OK save deh ke GIF. klik File > save for web and devices.
klik Preview untuk melihat hasilnya
Hasilnya  :
selamat mencoba yah..

Rabu, 25 Juni 2014

Pelantikan Pergantian Kepala MTs Negeri Paiton

Probolinggo - 25 Juni 2014 adalah babak baru pergantian kepala MTs Negeri Paiton dari bapak Dr. H. SUGIYO, M.Pd ke bapak Drs. UTSMAN KAHARUDIN, M.Pd. Hampir semua kepala sekolah di wilayah kementrian agama kab. probolinggo di rombak mulai dari kepala MAN sampai MIN. Dari berapa kepala yang kena imbas dari perombakan tersebut ada yang naik jabatan ada pula yang turun jabatan contohnya kepala MAN Paiton setelah ada prombakan beliu di kembalikan menjadi guru biasa.
Kami warga MTs Negeri Paiton awal mula pergantian kami begitu kehilangan sosok bapak sugiyo yang menurut kami beliu adalah sosok pemimpin yang sangat elegan. Mulai dari sikap beliu ketika menghadapi masalah, tidak ada rasa takutnya sama sekali beliu sangat dingin dan sangat dewasa sekali. 
Beliu menurut kami adalah kepala sekolah serba bisa, mulai dari qiro'ah, sampai jadi tukang bangunan beliu juga bisa. Kami warga mts negeri paiton tidak akan melupakan sosok pak sugiyo yang sangat menyayangi kami bawahannya dan murid - murid mts negeri paiton. Good bye pak sugiyo jangan lupakan kami.
Berikut adalah sedikit foto waktu beliu di lantik.